Siapa sih yang tidak kenal dengan Facebook? Facebook merupakan jejaring sosial terkemuka yang telah diakses oleh miliaran pengguna di dunia. Tak terbantahkan lagi sejak 2004, Mark Zuckerberg yang sudah menyediakan fitur layanan lebih dari sekedar bersosialisasi di dunia maya. Dengan menekankan connecting with people, Facebook juga bisa digunakan untuk meluangkan waktu dan menghilangkan jenuh dengan menyediakan permainan yang mendidik sekaligus menjadi rileks.
Kepopuleran Facebook tak hanya sampai di fitur sederhana tersebut, tetapi Facebook mengembangkan fitur-fitur lain dengan bekerja sama pihak lain dalam bidang galeri foto dan video sebut saja Instagram. Instagram merupakan sebuah anak perusahaan milik Facebook yang sangat popular dan bersaing dengan Snapchat. Selain itu, Facebook sendiri tak berhenti berkaya dimana fitur tersebut menjalar juga ke pengguna jejaring social dalam bentuk sederhana seperti Whatsapp. Whatsapp digunakan dalam bidang chat message dan bersaing juga dengan bidang yang sama yaitu LINE dan BBM (Blackberry Message). Saking Populernya, penggunaan Facebook sendiri dikembangkan lebih bukan dari pihaknya Facebook sendiri, melainkan pengguna yang mengembangkan kreatifitas dari fitur-fitur yang telah disediakan dengan mengikuti atau adaptasi dari perkembangan era modern sekarang menjadi sebuah manfaat yang berguna mulai dari perkembangan jual beli barang hingga menawarkan jasa secara online.
Dengan keaktifan pengguna, Ini membuktikan bahwa pengguna Facebook menjadi aktif dari segi penggunaan dengan memanfaatkan fitur-fitur yang telah disediakan oleh Facebook dan dikelolah kembali dengan cara penggunanya sendiri. Dampak tersebut membuat pihak Facebook prihatin pada pengguna yang cenderung menjadi aktif di dunia maya dan menghabiskan waktu sendiri sehingga secara tidak sadar bahwa dunia yang dihadapinya seolah-olah menghidarinya secara tidak sengaja. Aktif di dunia maya membuat penggunanya tidak peduli akan dunia yang terjadi sekarang.
Maka dari itu, Facebook menciptakan fitur terbaru yang bisa menyelamatkan orang-orang dari bencana alam dari dampak pemanasan global sebagai terobosan terbaru dalam menciptakan bentuk partisipasi serta solidaritas terhadap orang-orang yang menjadi korban dalam bencana tersebut. Fitur layanan tersebut dinamai “Safety Check” dimana fungsi tersebut digunakan ketika dalam kondisi tertimpa bencana alam atau kecelakaan disekitar lokasi yang terdekat yang bisa digunakan baik untuk meminta ataupun memberi bantuan. Bagaimana caranya? Yuk disimak betul.
Begini Caranya Facebook Selamatkan Manusia
4/
5
Oleh
Sasuke Kurosaki
Terima kasih sudah membaca. Jangan lupa tinggalkan komentar yang sopan dan komentar dengan link akan dihapus, Thx!!